Post Page Advertisement [Top]

 
TMNews | Pasaman (SUMBAR) -- Ninik mamak Kenagarian Mudiak, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, mendukung rencana investasi besar Geotermal yang akan dilakukan di Salareh Aia Bonjol, Selasa. (30/7/2024). 

Hal itu disampaikan Ninik Mamak  Syamril Dt. Mangkuto Alam, kami ninik mamak sepakat mendukung Investasi besar Panas Bumi, "kurang laweh telapak tangan  jo niru kami tampuangkan," Pada rapat dengan Bupati Pasaman Sabar. AS, Kepala dinas, BPN, Kabag, Camat Bonjol Site Manager PT Medco Geothermal Sumatera, Ir. Sigit Widiatmoko di kantor Bupati Pasaman lantai tiga di Lubuk Sikaping, Selasa (30/7/2024).

Menurut Dt. Mangkuto Alam, sebagai ninik mamak pemangku adat, orientasinya tidak lain adalah bagaimana setiap kebijakan dan keputusan yang dikeluarkan mendatangkan kemaslahatan bagi anak cucu kemenakan. 

"Kami berkeyakinan kegiatan yang tengah direncanakan ini akan memberi dampak yang luas, baik bagi kepentingan kemajuan daerah maupun upaya untuk mensejahterakan masyarakat,ucapnya.

Menurut Dt..Mangkuto Alam bila investasi masuk akan berdampak terhadap meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi, membuka peluang kerja dan kesempatan berusaha yang luas bagi masyarakat dan membuka peluang, untuk tenaga kerja, tumbuhnya ekonomi baru, sudah pasti katanya. 

Disamping itu pernyataan Bupati Pasaman, Sabar AS. menurut Dt. Mangkuto Alam, Bupati Pasaman Sabar, AS. pernah melakukan studi banding ke Kabupaten Solok Selatan untuk meninjau Geotermal

 Menurut Sabar, AS. saya tahu bagaimana dampak investasi energi panas bumi bagi kepentingan daerah dan upaya mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan PAD Pasaman. 

Sementara Sigid dari PT Medco mengatakan, pihaknya secara berkala memang dituntut membuat laporan tentang penugasan survei pendahuluan dan eksplorasi (PSPE), baik ke Bupati Pasaman, Forkopimca, dan pihak-pihak terkait. 

Diakui Sigid, dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan itu hampir tidak ditemukan kendala yang berarti. "Kalau pun ada riak riak saya pikir tidak terlalu menghalangi pelaksanaan proyek dan insya Allah bisa diatasi dengan baik, pada ini kita juga telah melaksanakan pembebasan infrastruktur untuk percepatan eksplorasi.(Zul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

Segenap wartawan & wartawati, Komisaris serta pemimpin Redaksi Trimatranews turut berduka cita atas bencana erupsi gunung Merapi Sumbar






.




Selamat datang di Cp 085319070835